Bakwan Tahu Udang

9:00 AM
Asalamualaikum...

Selamat pagi untuk anda yang ingin mau memasak, nah kali ini saya akan memberikan tips cara membuat makanan dari olahan tahu yaitu: Bakwan Tahu Udang

 Bagi anda semua penyuka camilan gorengan sudah dipastikan jika anda pasti suka dengan gorengan yang bernama bakwan, karena rasanya yang gurih dan nikmat selain itu juga cukup bisa membuat perut kita terasa terganjal untuk menunda rasa lapar. Bakwan terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bahan-bahan lain beserta bumbu kemudian dimasak dengan cara digoreng. Sehingga tentu saja jika bakwan juga cukup beragam jenisnya yang dibedakan atas dasar dari bahan campuran dalam membuatnya.

Salah satu yang paling melegit namanya adalah bakwan jagung karena dalam pembuatannya menggunakan bahan berupa jagung muda manis, namun selain itu ada juga jenis bakwan lain yang dalam membuatnya dicampur dengan bahan berupa tahu putih yang dipotong-potong sehingga dikenal sebagai bakwan tahu. Camilan gorengan seperti ini juga tidak kalah nikmatnya dengan bakwan jagung, karena bahan berupa tahu yang digunakan tentu saja juga memberikan cita rasa tersendiri yang akan selalu siap untuk menggoyang lidah anda terutama para penggemar camilan gorengan.Dalam membuat bakwan tahu pada umumnya juga dicampur dengan beberapa jenis sayuran seperti taoge dan wortel agar rasanya lebik nikmat, selain itu seperti beberapa jenis camilan gorengan lain yang rasanya gurih jika bakwan tahu juga nikmat jika diganyang bersama dengan cabe rawit hijau bagi anda yang suka dengan rasa pedas.

Mungkin ada diantara anda yang penasaran dengan rasa dari bakwan tahu seperti ini, karena sebenarnya camilan gorengan seperti ini jarang ada yang menjualnya. dan karena itu jika anda ingin mencicipinya atau merasakan nya lebih baik membuatnya sendiri di rumah, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba :

BAHAN:
150 gr tahu putih, potong dadu kecil
3 buah sosis sapi, iris tipis (Jika ingin, tapi jika tidak pakai tidak apa apa)
1 buah wortel, iris korek api
2 batang daun bawang, iris halus
200 gr tepung terigu
1 butir telur
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
Minyak goreng secukupnya


BUMBU HALUS:
2 cm jahe
3 butir kemiri sangrai
1/2 sdt merica butir
4 siung bawang putih
2 butir bawang merah
Garam secukupnya


CARA MEMBUAT BAKWAN TAHU SOSIS:
1. Campur terigu, kaldu bubuk dan bumbu halus tuang air
sambil diaduk sampai tidak berbintil, masukkan telur, aduk rata.
2. Masukkan tahu,sosis, daun bawang dan wortel, aduk rata.
3 Panaskan minyak goreng dalam wajan, celupkan sendok
sayur biarkan sampai minyak panas. Sisakan sedikit
minyak dalam sendok sayur, tuang adonan lalu celupkan
kembali ke dalam minyak panas. Biarkan 8 menit sampai
adonan padat, keluarkan dari cetakan goreng sampai kuning
keemasan, angkat tiriskan
4. Sajikan hangat

Tips:Saat kita menggoreng usahakan dalam minyak panas dan banyak, pastikan saat menggoreng seluruh bagian bakwan terendam minyak sehingga proses kematangan merata.

Lihat kan pembuatannya gak begitu susah dan ini bisa dilakukan dengan cepat, sangat pas untuk cemilan sore hari jika sedang santai atau juga bisa menjadi teman berbuka puasa anda jika anda puasa senin kamis atau yang lainnya atau pun bisa menjadi teman nasi ditambah juga dengan sambal atau saus tentu sangat enak.

Selamat Mencoba !!!

Wassalam....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »