Resep Bakwan Jagung PIlihan

9:15 AM
 Bakwan jagung merupakan salah satu pelengkap yang paling digemari. Ada berbagai banyak macam bakwan jagung yang dapat dibuat dan ditampilkan dalam berbagai variasi.

Jagung yang di gunakan untuk membuat bakwan adalah jagung muda. Baik jagung yang manis ataupun yang tidak. Jagung manis, terutama yang muda, tidak keras walaupun bentuknya utuh. Sedangkan jagung biasa lebih dominan keras bila digoreng utuh. Oleh sebab itu, sebaiknya ditumbuk kasar, diparut, atau di giling kasar.

Bakwan jagung bentuknya lebih pipih atau datar bila dibandingkan dengan bakwan lainnya karena tidak menggunakan banyak tepung. Bakwan jagung dapat dibuat renyah dan gurih dengan cara menggorengnya di pinggir wajan seperti menggoreng bakwan biasanya atau juga menggoreng rempeyek.
Sayuran, jamur, daging-dagingan seperti udang atau ayam giling dapat ditambahkn pada adonan bakwan sebagai percampurannya. Supaya lebih gurih, dapat ditambahkan cairan berupa santan (jika perlu) .
Untuk bumbu-bumbunya dapat ditambahkn kunyit dan bubuk pala selain bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Sebagai pengharum, boleh ditambahkan daun kemangi, daun ketumbar, dan daun jeruk.

Bakwan jagung sebaiknya tidak dicetak di dalam sendok sayur agar tidak tebal jadinya

Bahan bahan yang diperlukan:

    5 buah jagung manis
    1 butir telur ayam
    4 sendok makan terigu segitiga atau apa saja
    seledri secukupnya cincang (sesuai selera)
    1 batang daun bawang (diiris agak tipis)
    100 gram udang, dikupas (jika ingin di campurkan)

bumbu yang dihaluskan:

    garam secukupnya
    4 siung bawang putih
    1 siung bawang merah
    1 butir kemiri
    1/4 sendok teh ketumbar
    3 buah cabe merah, ditumbuk kasar

cara membuat bakwan Jagung

    - Pertama Jagung diserut (sebagian di tumbuk kasar, sebagian dibiarkan bulat-bulat)
    - Lalu campur jagung, bumbu, telur, seledri, daun bawang, terigu, udang menjadi satu hingga         tercampur.
    - Terakhir Panaskan minyak goreng. ambil adonan 1 sendok makan (ingat kalau bisa jangan     pakai sendok sayut, terus goreng hingga matangkuning keemasan.
Setelah itu hidangkan dalam piring dan silangkan untuk di nikmati
Lihat kan pembuatannya gak begitu susah dan ini bisa dilakukan dengan cepat, sangat pas untuk cemilan sore hari jika sedang santai atau juga bisa menjadi teman berbuka puasa anda atau pun teman nasi ditambah juga dengan sambal atau saus tentu sangat enak.
Selamat Mencoba !!!

Wassalam

Artikel Terkait

Previous
Next Post »