Perkedel Tempe

8:30 AM
Assalamualaikum......

Selamat pagi untuk anda yang ingin mau memasak, nah kali ini saya akan memberikan tips cara membuat Perkedel tempe

Jika beberapa waktu lalu saya pernah membahas tentang cara membuat salah satu jenis perkedel yang terbuat dari tahu, maka tidak lengkap lagi jika saya akan membahas bagaimana cara membuat jenis perkedel lainnya yang bahannya merupakan satu saudara dari tahu yaitu tempe. Sesuai dengan bahan untuk membuatnya tentu saja perkedel macam ini dinamakan perkedel tempe, yang menurut saya sih sudah agak jarang ada orang yang membuatnya.

Perkedel tempe memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan aroma dan cita rasa tempe yang akan membuat kita semua akan terasa selalu ingin memakannya. Rasanya yang sangat gurih dan juga ada yang sedikit pedas, membuat perkedel macam ini sangat pas untuk teman makan dengan beberapa jenis masakan seperti sup, soto, sayur bening dan lain-lain. Namun lebih dari itu tentu saja perkedel tempe juga enak untuk dimakan langsung dengan dicelup saus tomat maupun saus pedas.

Hampir sama dengan beberapa jenis perkedel pada umumnya, perkedel tempe juga dibuat dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan aneka beberapa macam bumbu rempah gurih kemudian dibentuk dan digoreng. Bagi anda yang pernah merasakan perkedel ini tentu saja akan dibuat rindu olehnya, maka dari itu yang paling baik adalah mencoba membuatnya sendiri di rumah, dan pada kesempatan ini saya akan membahas itu semua, berikut adalah resep nya:

Bahan dan Bumbu :

    * 300 gram tempe, haluskan
    * 2 sdm tepung kanji
    * 1 butir telur
    * 3 lembar daun jeruk, iris halus
    * minyak untuk menggoreng

Haluskan :

    3 buah cabai merah
    7 buah cabai rawit merah
    5 butir bawang merah
    2 siung bawang putih
    2 cm kencur
    1 sdt terasi
    ½ sdt garam
    ¼ sdt lada bubuk
    1 sdt gula pasir

Cara Membuat Perkedel Tempe Pedas :

  - Campurkan tempe dengan tepung kanji, telur, irisan daun jeruk dan bumbu halus, aduk hingga tercampur rata. Bentuk     adonan bulat-bulat pipih atau sesuai selera.
  - Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan lalu sajikan.


.Selesai sudah Masakan anda Perkedel tempe ini cocok untuk jadi santapan santai waktu luang anda pada sore hari atau pada hari minggu pagi atau juga waktu istirahat anda.

Demikian Resep dari saya, Tunggu resep resep yang lainnya yah

Wassalam

Artikel Terkait

Previous
Next Post »