Nasi Goreng Seafood

9:30 AM
Assalamualaikum...... 

Selamat pagi untuk anda yang ingin mau memasak, nah kali ini saya akan memberikan tips cara membuat nasi gorang seafood

  
Nasi goreng, salah satu makanan yang digemari semua kalangan, tua dan muda, di Indonesia dan juga negara lainnya. Nasi goreng memanjakan hasrat lidah dengan rasa gurih yang selalu bikin ingin mersakannya lagi. Bagi segelintir orang, nasi goreng sudah menjadi teman sarapan. Selain praktis, nasi goreng juga memiliki nutrisi yang cukup untuk mengganjal perut sebelum jam makan siang datang. Jika Anda penggemar berat nasi goreng, pasti sudah paham betul mengenai varian nasi goreng. Memang bahan dasarnya nasi putih biasa, tetapi soal rasa, makan yang satu ini menyajikan sensasi yang bervariasi. Salah satu varian yang terbaik adalah Nasi goreng seafood.
Masakan seafood dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah boga bahari, sebuah hidangan atau masakan laut. Tidak hanya berasal dari binatang-binatang laut, tetapi juga mencakup tumbuhan laut baik itu hasil pancingan nelayan, hasil tangkapan, ataupun hasil dari pembudidayaan sendiri. Jadi intinya semua hewan dan tumbuhan yang tinggalnya di kawasan lautan, namun tidak termasuk burung-burung seperti camar. Di sebagian negara yang lain, ada berbagai masakan yang di katagorikan pada masakan seafood yaitu kerang air tawar baik itu dari danau maupun sungai yang diambil oleh beberapa nelayan, selain kerang ada juga mamalia laut. Makanan yang berasal dari laut memang memiliki kadar gizi yang sangat tinggi dan baik untuk kebutuhan tubuh masunia. Gizi itu terdiri atas lemak, protein, mineral (zat besi, seng, magnesium, selenium, dan iodium), serta vitamin. Dan, sekarang kita perhatikan bagaimana cara membuat nasi goreng seafood:

Pertama, siapkan bahan:

    Nasi Putih sebanyak 1 piring.
    Daging kepiting secukupnya sesuai keinginan anda.
    Udang sebanyak 5 ekor. Buang pada bagian kepala dan kupas cangkang kulitnya. Bersihan dan kemudian belah bagian punggungnya.
    Cumi sebanyak 2 ekor. Bersihkan dan potong melingkar.
    Mentega 4 sendok makan.
    Saus cabe 3 sendok makan.
    Paprika merah atau hijau, bersihkan dan potong dadu.
    Saus tiram sebanyak 2 sendok makan.
    Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan.
    Kecap Asin sebanyak seperempat sendok makan.


Pada dasarnya, Anda bisa menambahkan bahan lain misalnya ikan, daun bawang, nanas atau pete. Semuanya tergantung pada selera Anda. Hal lain yang harus disediakan adalah bumbu. JIka Anda tidak mempunyai bumbu dasar nasi goreng, Anda harus menyiapkan bahan yakni:

    Cabe merah sebanyak 3 buah. Bersihkan, belah dan buang bijinya.
    Bawang putih sebanyak 3 siung.
    Bawang merah sebanyak 4 siung.
    garam secukupnya.

Haluskan semua bahan di atas.


Bahan Tambahan:

    Bawang merah goreng.
    Acar
    Cabai rawit (Bila perlu)

Cara membuat Nasi goreng Seafood:
Pertama, panaskan wajan dan masukkan margarin atau mentega. Tunggu sampai mencair kemudian masukkan bumbu halus. Aduk sampai aromanya keluar. Selanjutnya masukkan udang, daging kepiting, cumi, dan paprika. Terus aduk rata sampai benar-benar tercampur sempurna. Setelah itu masukkan minyak wijen, saus cabe, saus tiram, kecap asin, garam dan juga penyedap rasa jika diinginkan. Kembali aduk sampai matang merata. Setelah itu angkat, sajikan di piring bersama bahan pelengkap. Nasi goreng anda sudah siap untuk di santap, bagaimana praktis bukan...?
sekian tips dari saya lain kali mampir lagi yah

Wassalam....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »